Media Center Indonesia
Indeks

3 Cara Memindahkan Foto dari iPhone ke Android dengan Praktis

Apabila Anda kebetulan memiliki smartphone dengan dua sistem operasi yang berbeda atau hendak beralih dari iPhone ke Android, Anda tentunya perlu mengetahui cara memindahkan foto dari iPhone ke Android. Berikut tutorial mentransfer foto dari iPhone ke Android yang praktis dan mudah untuk Anda tiru.

3 Cara Memindahkan Foto dari iPhone ke Android

Ada banyak cara untuk menyalin atau bahkan memindahkan semua foto Anda dari iPhone ke Android. Kami bahas masing-masing cara di bawah ini, lengkap dengan langkah-langkah yang Anda harus ikuti:

1. Menggunakan Google Drive

Cara pertama yang dapat Anda coba yakni dengan memanfaatkan Google Drive. Anda harus terhubung ke internet untuk melakukannya. Begini cara menyalin gambar dari iPhone ke Android via Google Drive:

  1. Pastikan Anda telah memiliki aplikasi Google Drive di perangkat Anda. Jika belum, download aplikasi tersebut di App Store.
  2. Buka Google Drive dan masuk ke akun Google Anda.
  3. Pilih “Add” lalu “Upload”.
  4. Masuk ke bagian “Photos and Videos”.
  5. Cari dan pilih foto-foto yang Anda ingin pindahkan, kemudian pilih “Upload” sekali lagi.
  6. Tunggu hingga semua gambar berhasil diunggah.
  7. Sekarang, beralih ke HP Android Anda, buka Google Drive melalui akun yang sama. Selanjutnya, pilih gambar-gambar yang Anda sudah upload
  8. Pilih tombol titik tiga di pojok kanan atas layar dan tekan “Download”.

Nah, foto Anda pun secara otomatis akan disimpan di folder “Download”. Anda bisa menggunakan file manager apa pun untuk memindahkannya ke folder lain.

2. Menggunakan iCloud

Selain menggunakan layanan Google, Anda juga bisa memanfaatkan iCloud untuk mentransfer foto-foto Anda. Hal ini sangat berguna terlebih jika semua foto Anda sudah dicadangkan ke server iCloud Apple terlebih dahulu sebelumnya. Berikut cara memindahkan semua foto dari iPhone ke Android lewat iCloud:

  1. Pastikan iCloud Photos tersinkronisasi dengan perangkat Anda. Masuk ke “Settings”, lalu pilih “Photos” dan “iCloud Photos” untuk menyalakan opsi ini jika iPhone Anda belum tersambung sebelumnya.
  2. Buka Google Chrome.
  3. Kunjungi iCloud.com dan masuk ke akun Anda.
  4. Buka bagian “Photos”. Di sini, gambar-gambar yang sudah Anda sinkronisasikan di HP sebelumnya akan muncul.
  5. Pilih “Select” atau “Select All” untuk menyeleksi semua gambar.
  6. Tekan tombol titik tiga di pojok kanan bawah layar dan pilih “Download”.

Sekarang, gambar-gambar Anda akan secara otomatis tersimpan di folder “Download” di HP Android Anda.

3. Menggunakan Komputer atau Laptop

Cara mengirim foto dari iPhone ke Android paling mudah yang Anda bisa praktikkan adalah dengan melakukan copy-paste dari direktori default iPhone ke folder gambar di smartphone Android Anda.

Untuk menerapkan metode ini, Anda akan memerlukan komputer atau laptop dan dua kabel USB, masing-masing untuk iPhone dan ponsel Android Anda. Selanjutnya, Anda hanya perlu mengikuti cara di bawah ini:

  1. Sambungkan iPhone Anda ke komputer atau laptop. Anda akan diminta untuk mengonfirmasi koneksi tersebut, jadi pilih “Trust” dan masukkan PIN jika perlu.
  2. Di komputer Anda, klik tombol “Start” dan buka aplikasi foto.
  3. Pilih “Import”, “From a connected device”.
  4. Ikuti instruksi yang muncul di layar. Sekarang Anda bisa menyeleksi gambar-gambar mana saja yang Anda ingin pindahkan. Setelahnya, klik “Import” dan tunggu hingga prosesnya selesai.
  5. Sambungkan HP Android Anda ke komputer.
  6. Di bilah notifikasi, tekan “Charging this device via USB” dan ganti menjadi “File transfer”.
  7. Kembali ke komputer atau laptop Anda, masuk ke folder tempat di mana Anda ingin menyimpan foto-foto Anda. Klik kanan dan pilih “Copy”.
  8. Masuk ke “This PC”, cari nama perangkat Android Anda, dan buka folder “DCIM” atau buat folder baru. Di sana, klik kanan dan pilih “Paste”.

Penutup

Hingga saat ini, pengguna iPhone tidak bisa memindahkan file secara langsung ke perangkat Android, tidak terkecuali untuk foto. Untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba cara memindahkan foto dari iPhone ke Android di atas. Tersedia tiga alternatif berbeda, baik itu melalui Google Drive, iCloud, maupun PC

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *