Media Center Indonesia
Indeks

3 Cara Menghubungkan Layar HP ke Laptop dengan Praktis

Screen mirroring, atau juga lebih dikenal dengan sebutan screen sharing, adalah metode yang memungkinkan Anda untuk memunculkan layar dari satu perangkat pada perangkat lainnya. Fitur ini biasanya sangat diperlukan ketika meeting, presentasi, ataupun pembelajaran online. Cara menghubungkan layar HP ke laptop sendiri tidaklah sulit.

Anda dapat memanfaatkan sejumlah aplikasi untuk melakukannya. Atau, jika Anda memiliki ruang penyimpanan terbatas di ponsel Anda, Anda bisa mencoba cara-cara alternatif, misalnya, dengan menggunakan kabel data.

X Cara Menghubungkan Layar HP ke Laptop

Berikut adalah bermacam-macam metode yang dapat Anda praktikkan untuk mengaktifkan perintah screen mirroring di smartphone Anda:

1. Menggunakan Kabel Data

Pertama, Anda bisa melakukan screen sharing dari HP ke laptop atau komputer menggunakan kabel data atau USB. Cara menyambungkan layar HP ke laptop dengan kabel data ini sangat praktis, sehingga amat direkomendasikan jika Anda sedang dikejar waktu atau kurang menyukai trik-trik rumit.

Pertama-tama, pastikan ponsel pintar Anda dipersenjatai dengan Android 5.0 atau versi yang teranyar. Selanjutnya, unduh dan ekstrak perangkat lunak bernama scrcpy di laptop Anda.

Lalu, beralih ke HP Anda, masuk ke “Settings”, pilih “About Phone”, dan ketuk “Build Number” berulang kali dengan cepat sampai jendela pesan muncul. Sampai di tahap ini, Anda telah berhasil mengaktifkan opsi Developer.

Sekarang, kembali ke “Settings”, dan Anda akan menjumpai “Developer options”. Ketuk menu tersebut dan sekali lagi pilih “Developer options” sebelum Anda scroll ke bawah dan menyalakan opsi “USB debugging”.

Berikutnya, sambungkan HP Anda ke laptop dengan kabel data, pilih “Allow USB Debugging” di smartphone Anda, dan selesai. Kini Anda dapat melihat tampilan layar ponsel Anda di laptop.

2. Menggunakan Aplikasi Remote Control

Cara screen sharing berikutnya adalah dengan menggunakan aplikasi remote control seperti Team Viewer.

Ini adalah cara menghubungkan HP ke laptop tanpa kabel data yang dapat Anda coba jika Anda kebetulan sedang tidak membawa alat tersebut. Satu-satunya kekurangan dari metode ini adalah baik ponsel maupun laptop Anda harus terhubung ke Internet.

Pertama-tama, instal aplikasi Team Viewer di laptop dan HP Anda. Kemudian, sambungkan dua perangkat tersebut dengan mengetikkan ID perangkat yang tertera di layar smartphone Anda pada laptop.

Setelahnya, Anda dapat menampilkan apa pun yang ada di layar HP Anda pada audience. Apabila Anda memiringkan ponsel Anda, secara otomatis tampilan di laptop pun berubah menjadi landscape.

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda tidak hanya bisa melakukan screen mirroring melainkan juga mengontrol ponsel Anda dari jarak jauh dengan memanfaatkan fitur remote control bawaan Team Viewer.

3. Menggunakan AirDroid

Sebelum menghubungkan layar HP Anda ke laptop menggunakan cara yang satu ini, pastikan ponsel dan laptop Anda terkoneksi ke jaringan WiFi yang sama. Dengan begitu, Anda dapat menggunakan AirDroid tanpa harus repot-repot membuat akun baru lebih dulu.

Kemudian, instal AirDroid di ponsel Anda. Buka aplikasi tersebut dan temukan tombol “Transfer” di pojok kiri bawah layar. Begitu Anda menekan tombol tersebut, Anda akan melihat sederet perangkat yang didukung.

Dari daftar yang ada, pilih “AirDroid Web”. Di halaman baru, Anda akan diminta untuk memilih antara mengakses web.airdroid.com atau menyambungkan HP dan laptop Anda lewat alamat IP.

Jika Anda enggan membuat akun baru, pilih opsi kedua. Kunjungi alamat IP yang terindikasi di ponsel Anda. Kemudian, secara otomatis aplikasi akan meminta izin Anda untuk tersambung ke browser laptop. Pilih “Accept”, dan tunggu hingga kedua perangkat saling terkoneksi.

Nah, begitu HP dan laptop Anda sudah terhubung, Anda bisa melihat sejumlah informasi terkait smartphone Anda di bagian kanan browser. Terakhir, klik ikon “Mirroring” yang menyerupai gunting di layar dan dalam beberapa saat Anda akan melihat tampilan layar HP Anda di laptop.

Penutup

Screen mirroring atau screen sharing sangat berguna untuk menunjang berbagai kegiatan sehari-hari, mulai dari pembelajaran jarak jauh (PJJ) hingga work from home (WFH). Dengan mencoba ketiga cara menghubungkan layar HP ke laptop di atas, Anda dapat menampilkan apa pun yang tertera di ponsel Anda ke perangkat lain dengan praktis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.