Media Center Indonesia
Indeks

5 Cara Meningkatkan Performa Ponsel saat Bermain Game HD

Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, semua orang suka bermain game, apalagi di perangkat seluler mereka. Sayangnya, lagging kerap mengganggu kelancaran pengalaman bermain.

Kejadian kurang menyenangkan ini pada dasarnya muncul ketika Anda memainkan game dengan grafik tinggi pada smartphone yang tidak dirancang untuk memainkan game berat.

Akan tetapi, dengan menerapkan cara meningkatkan performa ponsel saat bermain game di bawah ini, Anda dapat mengatasi masalah tersebut terlepas dari apa pun merek atau tipe HP Anda.

5 Cara Meningkatkan Performa Ponsel saat Bermain Game

Kelima metode di bawah ini sangat praktis dan mudah diaplikasikan. Anda hanya perlu akses rute dan aplikasi tertentu untuk mengubah beberapa pengaturan perangkat untuk meningkatkan gameplay Anda.

1. Nonaktifkan Aplikasi di Latar Belakang

HP Android menjalankan banyak proses dan program di latar belakang yang Anda mungkin tidak ketahui. Layanan ini biasanya tidak banyak. Walaupun begitu, mereka tetap dijalankan menggunakan CPU dan RAM.

Oleh karena itu, pastikan Anda menonaktifkan semua aplikasi yang tidak terpakai di latar belakang sebelum memainkan game apa pun. Untuk mendeteksi apa saja layanan yang sedang berjalan, Anda dapat menginstal aplikasi tambahan.

Alhasil, Anda akan memiliki waktu bermain yang lebih baik dengan mencoba trik sederhana ini.

2. Gunakan Versi Lite

Ukuran penyimpanan yang lebih besar untuk smartphone tentunya sangat ideal untuk bermain game. Sayangnya, hanya ponsel pintar kelas atas yang dipersenjatai dengan UFS 2.1. UFS 2.1 meningkatkan kecepatan membaca dan menulis data yang mengarah ke standar yang lebih baik dalam bermain game.

Apabila HP Anda memiliki ruang penyimpanan yang terbatas, Anda dapat mengatasinya dengan mengunduh versi Lite dari aplikasi-aplikasi populer. Dengan begitu, Anda dapat menghemat penyimpanan tambahan.

Aplikasi seperti Facebook Lite, Twitter Lite, dan YouTube Go menawarkan fungsi yang sama tetapi memakan lebih sedikit ruang.

3. Perbarui Versi Android

Sama halnya seperti Windows, Android hanya mempunyai sedikit bug yang jarang sekali memengaruhi performa perangkat. Meskipun begitu, ada baiknya jika Anda selalu melakukan pembaruan untuk smartphone Anda, seperti perbaikan error dan patch keamanan, untuk berjaga-jaga.

Update tersebut berdampak positif dalam menstabilkan Android yang secara otomatis meningkatkan kinerjanya. Jadi, pastikan ponsel pintar Anda up-to-date dengan versi Android terbaru.

4. Matikan Animasi

Animasi merupakan salah satu aspek penting yang menunjang pengalaman bermain game yang fun. Akan tetapi, jika smartphone Anda kurang ideal untuk memainkan game dengan grafik definisi tinggi, Anda perlu mematikan animasi untuk meningkatkan efisiensi saat bermain game.

Berikut langkah-langkah mematikan animasi di HP Android:

  1. Buka “Settings”.
  2. Masuk ke menu “Developer Choices”.
  3. Periksa fitur “Drawing”.
  4. Ubah masing-masing opsi “Window Scale Animation”, “Transitional Animation Scale”, dan “Animator Scale” pada tingkat -0,5x.

5. Menambah Kapasitas RAM

Anda dapat menambah kapasitas RAM di perangkat Anda dengan mudah supaya pengalaman bermain game Anda lebih memuaskan. Ikuti tutorial di bawah ini untuk memperluas RAM pada ponsel pintar Anda:

  1. Instal dan aktifkan Roehsoft RAM Expander. Untuk menggunakan aplikasi ini, pastikan HP Anda sudah melalui proses rooting.
  2. Buka aplikasi dan izinkan akses untuk superuser. Sekarang, Anda dapat melihat beberapa opsi seperti memori kartu SD, RAM, dan lain-lain.
  3. Geser tombol “Swap/Active” dan tunggu beberapa saat agar porses swap benar-benar berjalan.
  4. Selanjutnya, Anda harus memilih jalur atau partisi ke file swap. Pilih kartu SD Anda.
  5. Geser kembali tombol “Swap/Active”, lalu tunggu beberapa detik di halaman depan.
  6. Selesai, sekarang RAM Anda telah berhasil diperbesar.

Penutup

Itulah kelima cara meningkatkan performa HP saat main game yang layak Anda coba. Semoga salah satu dari metode-metode di atas dapat mengatasi masalah lagging di smartphone Android Anda ketika Anda menjalankan game dengan grafik HD.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *