Media Center Indonesia
Indeks

5 Ciri-Ciri Baterai iPhone Rusak, Tanda Harus Segera Diganti

Sulit dipungkiri bahwa Apple merupakan salah satu produsen gawai terbaik. Hal ini dibuktikan dengan keuntungan fantastis yang perusahaan tersebut raup setiap tahunnya. Walaupun demikian, baterai smartphone sekelas iPhone pun tidak kebal dari yang namanya keausan. Lantas, apa saja ciri-ciri baterai iPhone rusak?

Biasanya, HP Anda akan memberi peringatan lanjutan sebelum muncul tanda-tanda yang lebih serius. Sayangnya, sebagian besar orang cenderung mengabaikan peringatan tersebut sampai benar-benar terlambat. Akibatnya, tidak sedikit orang yang terpaksa merogoh kocek dalam-dalam demi membeli ponsel baru.

5 Ciri-Ciri Baterai iPhone Rusak

Demi mencegah hal tersebut, Anda sebaiknya memperhatikan ciri-ciri baterai HP iPhone rusak berikut:

1. Baterai Menolak Dicas

Apabila terjadi masalah seputar pengisian daya ponsel, hal tersebut bisa saja disebabkan oleh rusaknya ion cell (IC) baterai. Jika dibiarkan berlanjut terus-menerus, maka ibarat ember yang terus-menerus diisi air hingga tumpah, baterai Anda seiring waktu akan berkarat dan rusak.

Akan tetapi, sebelum membawa ponsel Anda untuk diperbaiki, ada baiknya Anda mencoba untuk membersihkan charging port iPhone terlebih dahulu. Pasalnya, isu yang sama juga bisa ditimbulkan oleh lubang pengisian daya yang kotor.

2. Penggunaan Baterai Boros

Dewasa ini, smartphone telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan manusia. Alhasil, tidak mengherankan apabila tingkat pemakaian HP di era modern ini sangat tinggi. Seiring dengan meningkatnya intensitas tersebut, semakin besar pula konsumsi daya untuk setiap ponsel.

Kalau hal ini dibiarkan berlanjut, baterai pun akan semakin cepat terkuras. Bahkan, pada suatu titik muncul fenomena di mana baterai iPhone berkurang padahal tidak dipakai. Ciri baterai iPhone rusak lainnya yang patut Anda waspadai adalah jika ponsel tidak mengisi daya sepenuhnya.

Pada kasus ini, bisa dipastikan ada kerusakan pada baterai iPhone Anda.

3. iPhone Tidak Menyala

Bisa dibilang ini merupakan ciri baterai iPhone bocor yang paling kentara dan mudah Anda temui.

Seperti perkakas elektronik lainnya yang tidak dialiri daya, HP Anda tidak juga kunjung menyala. Akan tetapi, jika Anda masih mendengar dering notifikasi namun layarnya benar-benar hitam, kemungkinan besar masalahnya terletak di layar ponsel.

Walaupun demikian, ada juga probabilitas bahwa itu diakibatkan oleh charger Anda. Jadi, pastikan untuk mencoba charger iPhone lain guna mengonfirmasi seratus persen bahwa permasalahannya ada pada baterai Anda.

4. HP Cepat Panas

Tahukah Anda? Faktanya, kisaran suhu sehat rata-rata untuk baterai ponsel pintar adalah antara 20 sampai 30 derajat Celcius. Baterai Anda masih bisa berfungsi di atas tingkatan ini. Akan tetapi, kalau Anda terus memaksanya, akan berdampak negatif pada masa pakai dan kinerja baterai secara keseluruhan.

Nah, jika iPhone Anda terasa panas saat disentuh, hal itu tidak hanya berbahaya, tetapi juga merupakan tanda lain bahwa baterai Anda bocor.

5. Baterai Kembung

Terakhir, apabila layar ponsel Anda mulai terlepas dari bingkai perangkat, kemungkinan besar ini adalah akibat dari baterai yang membengkak sehingga mendorong layar ke atas. Baterai menggembung juga bisa disebabkan oleh pengisian baterai yang berlebihan.

Sama halnya seperti pada kasus overheating alias iPhone cepat panas, ini juga berbahaya. Pada titik ini, Anda tidak punya opsi lain kecuali mengganti baterai Anda, apalagi sebelum layar HP Anda retak dan bodi iPhone Anda terbelah dua.

Penutup

Jika usia iPhone Anda telah mencapai satu tahun, itu merupakan salah satu pertanda bahwa mungkin sudah saatnya untuk mengganti baterai HP Anda. Menurut Apple, masa hidup baterai iPhone adalah sekitar 500 siklus pengisian penuh sambil mempertahankan 80 persen kapasitas aslinya.

Artinya, jika Anda mengecas smartphone Anda setiap hari, baterai Anda pun tidak ayal akan menunjukkan tanda-tanda keausan prematur.

Oleh sebab itu, penting untuk memperhatikan ciri-ciri baterai iPhone rusak di atas. Dengan begitu, Anda bisa memperkirakan kapan sebaiknya Anda mulai mempertimbangkan untuk mengganti baterai iPhone Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *