Media Center Indonesia
Indeks

Cara Mengaktifkan Dark Mode WhatsApp iPhone dengan Mudah

WhatsApp pertama kali meluncurkan mode gelap pada tahun 2020 silam. Fitur tersebut tersedia bagi perangkat berbasis Android serta iOS. Perilisan fitur itu disambut dengan baik oleh para smartphone users, tidak terkecuali pengguna iPhone. Lantas, bagaimana cara mengaktifkan dark mode WhatsApp iPhone?

Rupa-rupanya, cara mengubah mode terang WA di iPhone tidaklah sulit. Bahkan, langkah-langkahnya terbilang gampang. Akan tetapi, sebelum mempelajari triknya, tidak ada salahnya untuk mengetahui manfaat dari menerapkan mode gelap pada gawai Anda.

Manfaat Dark Mode di iPhone

Dark mode atau tema gelap adalah sebuah pengaturan di mana Anda dapat menampilkan skema warna terbalik pada ponsel cerdas Anda. Dengan kata lain, HP Anda akan memunculkan teks dan ikon berwarna terang pada latar belakang gelap.

Faktanya, ada banyak manfaat menggunakan mode gelap yang mungkin tidak Anda sadari sebelumnya. Misalnya, masa pakai baterai yang lebih lama serta mengurangi silau dan paparan blue light (sinar biru).

Manfaat dark mode di HP yang paling utama yakni memperpanjang masa pakai baterai hingga 30%. Dengan begitu, Anda tidak perlu sering mengecas ponsel.

Di samping itu, mengaktifkan mode gelap juga akan mengurangi paparan blue light. Eksposur terhadap jenis sinar ini diketahui dapat menyebabkan sederet gangguan kesehatan bagi indra penglihatan. Contohnya, mata kering, sakit kepala, dan penglihatan kabur.

Selain itu, jika Anda menggunakan HP di ruangan gelap, cahaya terang dari pengaturan tampilan default dapat menyebabkan silau yang menggangu. Sebaliknya, menggunakan dark mode akan mengurangi silau dari layar ponsel Anda secara signifikan demi kenyamanan penglihatan Anda.

Cara Mengaktifkan Dark Mode WhatsApp iPhone

Pertama-tama, pastikan Anda menginstal update WhatsApp terbaru di iPhone Anda. Anda cukup menginstal versi terbaru secara manual dari App Store.

Sementara itu, untuk pengguna iOS 13 ke atas, setelah Anda menginstal versi WhatsApp terbaru, tampilan aplikasi tersebut akan secara otomatis beralih ke tema gelap begitu Anda mengaktifkan dark mode di seluruh sistem HP Anda.

Selanjutnya, Anda hanya perlu mengikuti cara mode gelap WhatsApp di iPhone 6 dan model teranyar berikut ini:

  1. Buka ikon “Settings” di iPhone Anda dan cari opsi “Display & Brightness”.
  2. Pilih “Dark” untuk mengaktifkan mode gelap di seluruh sistem iPhone Anda.
  3. Di samping itu, Anda juga dapat menyalakan fitur ini dengan masuk ke “Control Center” lalu pilih “Dark Mode”.

Setelah mode gelap WhatsApp diaktifkan, latar belakang ruang obrolan Anda pun akan berubah menjadi hitam pekat. Sementara itu, warna gelembung chatting juga akan berubah menjadi abu-abu gelap untuk teks penerima dan hijau gelap untuk teks pengirim.

Kemudian, cukup restart iPhone dan Anda akan melihat halaman depan WhatsApp Anda kini dalam mode gelap.

Akan tetapi, jika Anda merasa kurang cocok dengan fitur ini, jangan khawatir. Anda bisa mematikan dark mode kapan saja dengan mengikuti tips berikut:

  1. Buka menu “Settings” di iPhone Anda.
  2. Kemudian, masuk ke submenu “Display & Brightness”.
  3. Di bagian “Appearance”, pilih opsi “Light” untuk mematikan dark mode.

Sampai saat ini, WhatsApp belum menyediakan pengaturan untuk mengaktifkan ataupun menonaktifkan dark mode secara mandiri melalui aplikasinya. Alhasil, hingga pembaruan tersebut diluncurkan, Anda dapat mengikuti cara-cara di atas untuk menerapkan mode gelap di aplikasi perpesanan ini di iPhone Anda.

Penutup

Dark mode memiliki banyak manfaat. Selain menghemat daya baterai iPhone, tema gelap juga melindungi indra penglihatan Anda dari bahaya light blue. Cara mengaktifkan dark mode WhatsApp iPhone tidaklah sulit. Dengan mengikuti tutorial di atas, Anda pun dapat menggunakan WhatsApp dalam tampilan gelap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *