Media Center Indonesia
Indeks

6 Tips Mengatasi Smartphone Terkena Hujan

Mengatasi Smartphone Terkena Hujan
Mengatasi Smartphone Terkena Hujan

Saat musim cuaca yang tidak menentu seperti saat ini membuat ponsel rentan terkena air hujan. Terlebih bagi orang yang kerap kali bepergian ke luar rumah dan membawa ponselnya pasti rentan basah karena air hujan. Kalau Anda mengalami hal itu penting untuk mengetahui tips mengatasi smartphone terkena hujan yang terampuh.

Smartphone yang basah tentunya tidak membahayakan. Pasalnya air merupakan musuh alami untuk komponen elektronik yang ada di dalam ponsel. Oleh sebab itulah Anda harus selalu berhati-hati dan menyimpan smartphone di tempat aman untuk mencegahnya terkena air hujan.

Ketahui Tips Mengatasi Smartphone Terkena Air Hujan

Tetapi bagaimana jika ponsel sudah terlanjur terkena air hujan? Jika dalam kondisi tersebut Anda tidak perlu khawatir. Melansir dari Tempo.co, berikut ini adalah cara mengatasi smartphone yang terkena air hujan.

1. Jangan Mencolokan atau Menekan Apa Pun

Kalau smartphone rusak karena air maka ada baiknya Anda tidak mencolokan apa pun termasuk pengisi daya ke sana. Pasalnya hal ini akan menyebabkan korsleting dan semakin merusak smartphone tersebut. Selain itu,  sebaiknya Anda juga tidak menekan tombol apapun yang ada di smartphone tersebut.

Pasalnya jika menekan sebuah tombol ke salah satu port di ponsel bisa mendorong air lebih jauh ke dalam perangkatnya.

2. Matikan Ponsel Segera Mungkin

Jika ponsel Anda terkena sampai terendam air hujan, segera mungkin matikan smartphone tersebut. Pasalnya memakai ponsel yang basah bisa beresiko untuk perangkat itu sendiri. Selanjutnya air di dalam ponsel akan menyebabkan smartphone lebih rusak lagi.

Hal terparah dari kondisi tersebut yaitu membuat ponsel berhenti bekerja sama sekali.

3. Lap Ponsel Sampai Bersih dan Kocok

Sesudah mematikan perangkat, tips mengatasi smartphone terkena hujan berikutnya yaitu ambil kain yang rapi dan kering lalu lap hingga bersih. Setelah itu bungkus ponsel dengan tisu agar bisa menyerap kelembaban sebanyak mungkin.

Kemudian cabut semua aksesoris seperti kabel, keluarkan kartu SIM serta kartu memori apa pun. Jika semuanya sudah tercabut, coba goyangkan ponsel dari semua sudut yang berbeda sehingga seluruh air terkuras sampai ekstra.

4. Memasukkan Ponsel ke Dalam Karung yang Berisi Beras

Solusi ideal mengatasi  ponsel yang terkena air hujan yaitu dengan menutup ponsel di dalam kotak kedap udara. Hal ini akan menyerap kelembaban pada permukaan smartphone tersebut. Namun tidak semua orang mempunyai alat penurunan kelembaban industri dan membuatnya sepanjang waktu.

Sebagai solusi terbaik, Anda bisa menggunakan beras. Pasalnya biji-bijian ampuh untuk menyerap kelembaban. Tetapi beras juga menghasilkan banyak debu yang tidak baik untuk ponsel. Walaupun begitu Anda tetap bisa membiarkan ponsel terendam seluruhnya ke dalam kantong berisi beras selama 24 sampai 48 jam.

5. Menjemur Handphone di Bawah Matahari

Untuk mengeringkan smartphone, Anda bisa meletakkannya di bawah matahari secara langsung usai melepas panel belakang kalau bisa dilepas. Dengan cara ini maka akan membantu handset dalam kondisi benar-benar kering.

6. Cadangkan Seluruh Data Setelah Menghidupkan Smartphone

Berendam di dalam air kerap kali berakibat fatal untuk smartphone. Namun kalau beruntung, layar perangkat elektronik bisa hidup dan menyala seperti biasanya. Kalau seperti itu hal yang harus Anda lakukan adalah mencadangkan seluruh data.

Pasalnya bagian-bagian tertentu dari smartphone beresiko berkarat dalam waktu cepat. Karena itulah ponsel beresiko mati kembali dan tidak akan bisa menyala kembali. Anda bisa meminimalisir resiko data yang hilang setelah smartphone mati dengan mencadangkan semua datanya.

Dengan tips untuk mengatasi smartphone terkena hujan di atas, diharapkan ponsel Anda tidak akan mengalami kerusakan terlalu parah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *