Media Center Indonesia
Indeks

Penting, Ternyata Ini 5 Fungsi NFC pada Smartphone Android

Mayoritas ponsel pintar dewasa ini dilengkapi dengan fitur Near Field Communication (NFC). Singkat kata, NFC merupakan standar komunikasi nirkabel berbasis jarak dekat. Tidak seperti Wi-Fi atau Bluetooth, interaksi NFC terbatas pada jangkauan yang sangat pendek. Lantas, apa fungsi NFC pada smartphone?

Walaupun secara teori NFC mungkin kedengarannya sedikit kurang berguna, fitur ini sebetulnya tidak seremeh anggapan kebanyakan orang.

Oleh karena itu, artikel ini akan memaparkan semua fungsi fitur NFC pada smartphone untuk menunjukkan hal-hal keren yang bisa Anda peroleh dengan memanfaatkan teknologi yang satu ini.

5 Fungsi NFC pada Smartphone

Menilik dari sejarahnya, NFC merupakan evolusi dari Radio Frequency Identification (RFID) yang sudah ada selama beberapa dekade.

Baik RFID maupun NFC beroperasi pada prinsip kopling induktif, terutama pada implementasi jarak pendek. Keduanya sama-sama melibatkan perangkat pembaca yang menghasilkan medan magnet melewati lilitan kabel.

Perbedaan mendasar antara RFID dan NFC adalah bahwa perangkat NFC dapat bertindak sebagai pembaca. Alhasil, kemampuan dua arah tersebut akan memungkinkan Anda menggunakan satu perangkat keras, seperti HP Anda, untuk semua jenis aplikasi yang berbeda.

Kembali lagi ke pertanyaan utamanya: Apa fungsi fitur NFC pada smartphone? Berikut jawabannya.

1. Sebagai Pengganti Dompet

Berkat NFC, Anda tidak perlu lagi repot membawa dompet Anda ke mana-mana. Anda pun tidak perlu khawatir apabila Anda meninggalkan benda penting itu di sembarang tempat. Pasalnya, ponsel pintar dengan NFC mempunyai kemampuan untuk mengingat detail kartu debit dan kartu kredit Anda.

Anda bisa merujuk ke data tersebut ketika Anda perlu mengetikkan detail kartu Anda, atau ketika Anda melakukan pembelian dari Google Play atau Samsung Pay. Selain itu, pembayaran di toko-toko pun semudah menempelkan HP Anda ke terminal point-of-sale berkemampuan NFC.

2. Membagikan Konten dengan Perangkat Lain

Dengan program seperti Nearby Share, Anda dapat mentransfer foto, video, link, informasi kontak, dan bermacam-macam data lainnya ke perangkat terdekat. Misalnya, Anda bisa mengirimkan hasil tangkapan kamera HP Anda dengan orang di sekitar Anda secara langsung tanpa perantara messenger.

Atau, Anda juga bisa bertukar informasi kontak dengan rekan kerja di sebuah pertemuan semudah menyalakan fitur NFC di ponsel Anda. Nearby Share sendiri telah menggantikan Android Beam yang kini sudah dinonaktifkan.

3. Menghubungkan Perangkat ke Jaringan Wi-Fi dengan Mudah

Kalau Anda pernah menggunakan fasilitas Wi-Fi di tempat umum sebelumnya, Anda tentu tahu betul bahwa kata sandi Wi-Fi selalu terdiri dari kombinasi kata dan huruf yang rumit. Anda barangkali menghabiskan banyak waktu untuk terhubung ke koneksi internet.

Kabar baiknya, Anda tidak lagi harus membuang waktu untuk bersusah-payah mencatat dan mengingat password Wi-Fi berkat tag NFC. Satu ketukan pada tag akan mengisi detail koneksi Wi-Fi secara otomatis, alhasil mempersingkat waktu Anda untuk terhubung ke internet.

4. Mengaktifkan Driving Mode (Mode Berkendara)

Beberapa HP Android terbaru kini juga menghadirkan driving mode sebagai bagian dari fungsi fitur NFC pada smartphone lainnya, di mana mode ini sebelumnya hanya ada pada HP iPhone. Begitu Anda menyalakan mode berkendara, maka ponsel Anda akan secara otomatis terhubung ke sistem mobil Anda.

Alhasil, smartphone akan mematikan bunyi notifikasi dan mengoptimalkan pengaturan sistem untuk meningkatkan kenyamanan berkendara Anda di sepanjang perjalanan.

Anda dapat menambahkan tugas ke tag NFC lebih dulu untuk mengotomatiskan proses ini. Saat ditempatkan di dalam mobil, satu ketukan pada HP dapat mengaktifkan perintah “Don’t Disturb”, memutus koneksi internet, atau membuka Google Maps.

5. Mengakses Website

Mungkin ada saatnya Anda ingin mengarahkan teman atau keluarga Anda ke situs web tertentu. Prosesnya tergolong kompleks, apalagi kalau Anda mesti menyalin URL panjang terlebih dahulu. Daripada menggunakan cara rumit seperti itu, Anda dapat menulis tautan pilihan Anda ke tag NFC.

Ketika Anda mengetuk tag tersebut, NFC akan memuat browser pada perangkat pengguna dan mengarahkan langsung ke website yang Anda kehendaki.

Penutup

Siapa sangka rupanya ada banyak hal keren sekaligus bermanfaat yang dapat Anda lakukan berkat NFC. Setelah mengetahui fungsi NFC pada smartphone, kini Anda dapat menggunakan fitur tersebut untuk mempermudah aktivitas sehari-hari Anda sekaligus mengamankan data-data penting Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *