Media Center Indonesia
Indeks

Perbedaan Laptop dan Notebook Yang Jarang Orang Tahu

Perbedaan Laptop dan Notebook
Perbedaan Laptop dan Notebook

Perbedaan Laptop dan Notebook – Jika awalnya kita hanya mengenal PC yang tidak bisa dibawa kemana – mana, saat ini sudah tercipta komputer mobile nan praktis. Seiring dengan lahirnya dua perangkat modern tersebut, penamaan baru pun mulai digunakan.

Jarang orang tahu, bahwa keduanya adalah jenis yang berbeda. Meskipun secara tampilan, dua perangkat ini  sekilas juga terlihat sama. Jika masih bingung dengan beda antara dua

peralatan canggih tersebut, ikuti penjelasannya pada keterangan berikut.

Definisi Notebook

Notebook adalah 1st generation atau cikal bakal dari terciptanya laptop. Oleh karena hal itu, sebagian orang menganggapnya sebagai laptop yang sebenarnya.

Perangkat ini sendiri, dapat dikatakan sebagai PC yang disempurnakan. Pasalnya, hampir seluruh komponen PC digunakan oleh Notebook. Atau dengan kata lain, kedua perangkat ini memiliki spesifikasi yang hampir sama.

Perbedaan Laptop & Notebook

Berikut, adalah perbedaan kedua perangkat tersebut.

1. Memiliki Perbedaan Pada Ukuran Layar

Kedua perangkat ini memiliki perbedaan pada ukuran layarnya. Jika laptop ukuran layarnya melebihi 18 inch, sedangkan notebook umumnya berukuran lebih kecil. Yaitu, antara 13 inch – 18 inch.

2. Perbedaan Ukuran Berat

Selain berbeda pada ukuran layarnya, berat keduanya pun tidak sama. Berat laptop berkisar 3 kg – 5 kg, sedangkan notebook antara 1 kg – 2 kg.

3. Spesifikasi Grafis Yang Berbeda

Biasanya, laptop memiliki spesifikasi grafis VGA yang lebih besar daripada notebook. Hal tersebut, membuat performa laptop jauh lebih mumpuni dari notebook.

Namun saat ini, keluaran notebook terbaru sudah banyak yang disempurnakan, yaitu dengan menambah kapasita VGA nya menjadi lebih besar.

4. Perbedaan Kapasitas RAM

Kapasitas RAM antara keduanya juga berbeda. Umumnya, laptop memiliki kapasitas lebih besar dibandingkan dengan notebook.

Namun, dengan semakin berkembangnya teknologi, notebook keluaran terbaru pun sudah banyak yang memiliki kapasitas RAM lebih besar.

5. Fasilitas DVD ROM

Jika laptop memiliki fasilitas berupa DVD ROM, maka tidak begitu halnya dengan notebook. Fasilitas tersebut, membuat laptop mampu memiliki kemampuan untuk membaca kepingan kaset.

Dan untuk mengatasi kekurangan tersebut, biasanya ditambahkan dengan DVD ROM eksternal, agar notebook dapat berfungsi sama dengan laptop.

6. Daya Tahan Baterai

Pada umumnya, notebook mempunyai kemampuan daya tahan baterai yang lebih lama daripada laptop. Hal ini banyak dipengaruhi, oleh penggunaan daya pada laptop memang membutuh kapasitas yang lebih besar.

7. Jenis Prosesor Yang Digunakan

Karena laptop membutuhkan performa yang lebih tinggi dibandingkan notebook, wajar jika komputer mini ini membutuhkan jenis prosesor berkecepatan tinggi.

8. Sistem Pendingin Yang Berbeda

Laptop menggunakan dua sistem pendingin berupa kipas, yang seluruhnya ditempatkan pada VGA dan prosesor. Sehingga, seluruh perangkat yang mudah panas ini dapat cepat didinginkan. Hal ini juga berkaitan, dengan ukuran laptop yang lebih besar.

Namun untuk notebook keluaran terbaru, pada umumnya sudah tidak menggunakan kipas. Hal tersebut malah menjadi suatu keuntungan, karena membuat dimensi dan berat notebook menjadi lebih tipis dan juga ringan.

Sebagai pendingin yang digunakan, umumnya hanya menggunakan sistem heat pipe saja. Oleh karenanya, notebook kurang ideal untuk jenis pekerjaan berat seperti desain grafis.

Pasalnya, pekerjaan ini membutuhkan proses rendering yang cukup lama dan detail. Selain itu, notebook juga tidak bisa bekerja maksimal jika digunakan untuk gaming.

9. Harga Laptop & Notebook Memiliki Perbedaan

Karena laptop memiliki spesifikasi yang lebih tinggi, sehingga harganya menjadi lebih mahal dibandingkan notebook. Diantaranya adalah, notebook tidak membutuhkan penggunaan VGA diskrit, kipas pendingin, dan ada beberapa lagi yang lainnya.

10. Kemampuan Kerja

Kemampuan kerja dari laptop terbilang jauh lebih tinggi daripada notebook. Hal tersebut bisa terjadi, karena spesifikasi serta performa laptop yang sama dengan komputer. Sedangkan notebook, memiliki keterbatasan kerja yang jauh dibandingkan laptop.

Dari segi hardware, dapat terlihat dari CPU yang digunakan notebook, jauh lebih rendah dibandingkan dengan laptop. Meski begitu, perangkat mini ini tetap dapat digunakan untuk penggunaan sederhana seperti sekolah, administrasi ringan, dll.


Demikianlah, perbedaan laptop dan notebook yang jarang orang tahu, meskipun keduanya sekilas terlihat sama. Semoga informasi ini dapat menambah pengetahuan, khususnya tentang keberadaan teknologi yang semakin berkembang saat ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *