Media Center Indonesia
Indeks

Perbedaan Rajungan dan Kepiting

Hingga saat ini mungkin anda masih belum mengetahui perbedaan kepiting dan rajungan? Bila di lihat sekilas keduanya memang sedikit mirip, namun tetap saja berbeda. Kamu bisa mengetahui perbedaan antara rajungan dan kepiting di sini.

5 Perbedaan Rajungan dan Kepiting

1. Bentuk tubuh

Rajungan dan kepiting merupakan hewan yang termasuk dalam kelompok krustasea yaitu hewan yang memiliki kulit keras. Sekilas, rajungan dan kepiting memang terlihat memiliki bentuk tubuh yang sama. Namun, sebenarnya berbeda antara keduanya.

Rajungan memiliki bentuk tubuh lebih ramping dengan capit lebih panjang dan ramping. Sedangkan tubuh atau cangkang kepiting bulat dan tebal. Meski tidak terlalu panjang, capit kepiting lebih besar dibandingkan dengan capit rajungan.

2. Corak tubuh

Corak rajungan dan kepiting juga berbeda. Tubuh kepiting betina berwarna kehijauan disertai bercak putih. Sementara rajungan jantan berwarna kebiruan dengan bercak putih yang lebih terang. Berbeda dengan rajungan, corak tubuh kepiting jantan maupun kepiting betina sama-sama memiliki warna tubuh hijau kecokelatan.

3. Habitat

Perbedaan yang lainnya adalah habitat keduanya. Rajungan hanya bisa hidup di air. Itu sebabnya, kenapa rajungan gampang mati kalau disimpan tanpa air. Berbeda dengan kepiting yang bisa hidup di air atau pun darat. Namun, kepiting hanya bisa bertahan di darat selama 4-5 hari saja.

Kepiting sangat mudah ditemui karena hidup di air laut dangkal atau dekat pantai. Sedangkan rajungan lebih sulit ditemukan karena hidup di perairan lebih dalam. Rajungan bisa hidup di air laut atau pun air tawar.

4. Rasa dan tekstur daging

Daging rajungan lebih sedikit dibanding daging kepiting. Namun, banyaknya daging juga dipengaruhi besar kecilnya kepiting atau rajungan ya, yang pasti sih daging kepiting lebih tebal, lebih manis dan tekstur daging kepiting lebih lembut dibandingkan daging rajungan.

5. Kandungan nutrisi

Kepiting maupun rajungan mempunyai kandungan banyak protein dan beragam nutrisi seperti vitamin B, vimtain E, mangan, fosfor, yodium hingga zinc. Namun, rajungan memiliki sumber protein yang lebih besar tetapi kolesterol dalam rajungan rendahkok, lebih rendah dibandingkan kepiting.

Itulah beberapa perbedan rajungan dan kepiting yang dapat anda lihat, semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.