Media Center Indonesia
Indeks

Wajib Tahu! 5 Tips Membeli HP Bekas Bagus Tanpa Kena Tipu

Barang baru tidak selalu lebih baik daripada yang lama. Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membawa pulang barang bekas, terutama saat berburu HP second. Kelima tips membeli HP bekas berikut akan membantu Anda mendapatkan ponsel impian dengan harga terbaik.

5 Tips Membeli HP Bekas Berkualitas

Ponsel bekas memang lebih murah daripada yang baru. Alhasil, pilihan ini bisa Anda pertimbangkan apabila Anda sedang benar-benar membutuhkan perangkat yang berfungsi dengan baik meskipun budget Anda terbatas. Lantas, apa saja hal-hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli smartphone bekas pakai?

Berikut penjelasannya:

1. Periksa Kondisi Fisik HP

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah kondisi fisik smartphone.

Mula-mula, periksa apakah terdapat goresan atau penyok di bagian depan dan belakang HP. Kedua, cek apakah seluruh tombol yang ada masih responsif. Port USB dan earphone merupakan titik krusial lainnya yang wajib Anda perhatikan, jadi periksa juga bagian-bagian ini dengan cermat.

Selanjutnya, gunakan setiap kamera yang ada untuk memotret satu-dua gambar. Terakhir, jangan lewatkan pula untuk mencoba mikrofon, speaker, dan layar sentuh untuk memastikan semua kelengkapan ponsel masih berfungsi dengan baik.

2. Cek Baterai

Kapasitas baterai lithium-ion pada smartphone biasanya menurun seiring waktu. Alhasil, hal ini bisa menimbulkan masalah besar jika Anda membeli ponsel yang kelewat lawas. Nah, Anda sebaiknya memeriksa persentase penurunan baterai saat mengecek HP bekas incaran Anda.

Jika Anda menjumpai adanya pengurangan daya baterai yang terlalu tajam, itu tandanya ada yang tidak beres dengan baterai gawai tersebut.

Inti dari tips membeli HP iPhone bekas ini adalah untuk menghindari smartphone dengan kapasitas di bawah 80% apabila Anda betul-betul ingin menemukan iPhone second yang masih layak pakai.

3. Bandingkan Harga di Pasar

Langkah selanjutnya yakni melakukan riset untuk mengetahui kisaran harga di pasaran untuk smartphone pilihan Anda. Pasalnya, ada banyak pilihan yang akan Anda jumpai untuk smartphone bekas dalam satu merek dan tipe, terlebih jika Anda berbelanja secara online.

Kuncinya adalah untuk membandingkan ponsel-ponsel dalam tipe dan tahun keluaran yang sama. Jangan lupa untuk menyaring hasil pencarian Anda berdasarkan kondisi umum dan kelengkapan HP, seperti earphone, charger, dan lain-lain.

4. Kenali Calon Penjual HP Bekas

Jika Anda membeli smartphone Android atau iPhone bekas secara langsung dari penjual perorangan (misalnya, melalui situs seperti OLX atau Facebook Marketplace), Anda perlu memastikan apakah orang tersebut bisa dipercaya. Pasalnya, tidak sedikit seller yang menulis data pribadi palsu.

Alhasil, Anda sebaiknya mengecek riwayat transaksi yang telah masing-masing seller selesaikan. Yang tidak kalah penting dari tips membeli HP bekas online ini adalah untuk memeriksa rating sang penjual serta testimoni mengenai ulasan pembeli-pembeli sebelumnya tentang pengalaman berbelanja di lapak tersebut.

5. Pastikan HP Bukan Barang Curian

Dewasa ini, pencurian smartphone termasuk salah satu tindak kriminal paling umum yang bisa Anda temui. Alhasil, ada kemungkinan Anda membeli HP curian yang dijual kembali. Untuk menghindari risiko ini, Anda patut curiga jika toko atau penjual menawarkan smartphone bekas dengan harga jauh di bawah pasaran.

Salah satu indikator HP idaman Anda bukanlah barang curian yakni apabila seller turut menyediakan kotak asli, panduan pengguna, dan kabel USB. Pencuri biasanya tidak bisa mengakses barang-barang seperti ini, terutama dalam kasus pencopetan.

Penutup

Itulah lima tips membeli HP bekas yang layak Anda jadikan panduan agar Anda mendapatkan smartphone sekon berkualitas. Selalu periksa kondisi fisik HP, cek baterai, dan bandingkan harga ponsel incaran Anda. Di samping itu, jangan lewatkan untuk mengenali calon penjual dan memastikan HP bukan hasil curian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *