Media Center Indonesia
Indeks

WhatsApp Web: Pengertian dan Cara Menggunakannya

Tak hanya menggunakan ponsel, kini Whatsapp juga sudah dapat diakses menggunakan perangkat komputer melalui WhatsApp Web.

Bagi yang belum tahu apa itu WhatsApp Web, silahkan simak penjelasannya berikut ini.

Aplikasi WhatsApp tengah populer dikalangan masyarakat dunia dan paling banyak digunakan. WhatsApp merupakan sebuah layanan perpesanan yang diciptakan untuk pengguna iOS dan Android.

Whatsapp populer sebagai alat untuk berkirim pesan, melakukan panggilan suara dan video, serta berbagi story. Bagi Anda yang lebih sering beraktivitas di depan layar komputer atau laptop tentu dengan adanya layanan WhatsApp Web ini akan menjadi sangat terbantu.

Apa Itu WhatsApp Web?

WhatsApp Web merupakan sebuah layanan online yang memungkinkan pengguna whatsapp menjalankan WhatsApp di brower komputer atau laptop setelah melakukan sinkronisasi aplikasi WhatsApp di ponsel.

Hal tersebut harus dilakukan karena WhatsApp Web menggunakan mekanisme mirroring dari aplikasi WhatsApp yang terpasang pada ponsel. Perlu diketahui bahwa WhatsApp adalah aplikasi yang berbasis mobile. Jadi hanya bisa digunakan saat ponsel tersambung dengan internet.

WhatsApp Web hadir dalam versi web yang dapat diakses menggunakan browser komputer atau laptop. Anda dapat membukanya menggunakan Google Chrome, Mozilla Firefox, dan browser lainnya.

Riwayat pesan dan riwayat panggilan terikat dengan nomor telepon pengguna dan hanya tersimpan pada ponsel, bukan di server atau aplikasi WhatsApp. Oleh karenanya, WhatsApp perlu membaca dan mengambil pesan dari ponsel anda.

Sehingga apabila ponsel mati dan tidak terhubung dengan internet maka secara otomatis WhatsApp Web tidak dapat digunakan.

Selain itu, Anda tidak dapat menerima pesan atau melihat story melalui WhatsApp web.

Beberapa waktu lalu WhatsApp telah melakukan pembaharuan yang memungkinkan WhatsApp Web dapat digunakan hingga empat perangkat secara bersamaan. Ponsel tidak perlu terus terhubung ke internet atau dapat dimatikan setelah log in sukses.

Cara Menggunakan WhatsApp Web

Bagaimana cara menggunakan WhatsApp Web? Berikut ini cara menggunakan WhatsApp web:

  1. Buka aplikasi browser di komputer atau laptop.
  2. Kunjungi situs web.whatsapp.com
  3. Selanjutnya sebuah QR Code akan tampil di halaman situs untuk melakukan sinkronisasi, lakukan oemindaian (scan) QR menggunakan aplikasi WhatsApp di smartphone.
  4. Buka aplikasi WhatsApp ponsel, pilih ikon tiga titik yang ada di sudut kanan atas aplikasi WhatsApp.
  5. Pada kotak menu, pilih “Linked devices” atau “setelan”.
  6. Tekan ikon QR Code
  7. Klik pindai kode
  8. Setelah kamera smartphone terbuka arahkan kamera ke QR Code yang tersedia pada disitus WhatsApp Web di komputer Anda.
  9. Setelah berhasil, anda dapat menggunakan situs WhatsApp Web web untuk berkirim pesan, melakukan panggilan dan berbagi file kayaknya WhatsApp pada ponsel.

Itulah penjelasan mengenai WhatsApp Web dan cara menggunakan WhatsApp web. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.