Media Center Indonesia
Indeks
Wisata  

8 Wisata Religi Umat Muslim Selepas Umroh

Wisata Religi Umat Muslim - Photo by Medium
Wisata Religi Umat Muslim - Photo by Medium

Wisata Religi Umat Muslim – Menunaikan Ibadah Umroh adalah salah satu impian setiap umat muslim, yang ingin lebih mendekatkan diri pada Allah SWT.

Namun, perjalanan spiritual tersebut akan terasa lebih lengkap, jika bisa menyempatkan diri, untuk berkunjung ke beberapa tempat bersejarah dan disucikan.

Destinasi wisata religi pada artikel ini, merupakan beberapa yang paling populer, dan dapat menjadi rekomendasi terbaik selepas umroh.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah ulasan lengkapnya!

1. Masjidil Haram

Selepas menjalankan ibadah umroh, tidak ada salahnya melakukan wisata religi ke kompleks Masjidil Haram. Pasalnya, tempat ini merupakan kiblat bagi umat muslim di dunia, dan menjadi tujuan utama saat berada di Makkah.

Selain Itu, seluruh aktivitas umroh dilakukan di tempat suci ini. Mulai dari melakukan tawaf, mengitari Ka’bah hingga diakhiri dengan tahalul. Melakukan ibadah di tempat seolah tengah berada di dimensi lain, terutama saat melakukan i’tikaf.

2. Masjid Nabawi

Masjid terbesar di Madinah ini merupakan salah satu destinasi terbaik, saat melakukan wisata religi selepas umroh. Layaknya Masjidil Haram, masjid ini juga menjadi meeting point, atau tempat bertemunya umat muslim saat berada di Tanah Suci.

Kapasitas dari Masjid Nabawi cukup besar, karena dapat menampung sekitar satu juta jamaah saat beribadah. Namun sebelum menjadi tempat yang megah seperti saat ini, tempat suci ini awalnya adalah rumah Nabi Muhammad SAW.

Selain itu, terdapat pula Raudhah atau kawasan yang diistilahkan sebagai taman surga. Tempat yang istimewa ini, akan menjadi tujuan wajib bagi jamaah haji dan umroh selama beribadah disana.

Lokasinya terletak di dalam Masjid Nabawi. Biasanya, area Raudhah ditandai dengan karpet yang berwarna hijau. Akan terlihat jelas, karena warnanya berbeda dengan karpet yang ada di ruangan lain.

Namun yang paling menarik, terlihat pemandangan payung – payung yang dapat digerakkan dengan mesin hidrolik. Penampakan tersebut, sekilas terlihat seperti jamur raksasa yang menaungi para jamaah saat beribadah.

3. Jabal Tsur

Lokasi dari Jabal Tsur berada di salah satu dari bukit tertinggi yang ada di Mekkah. Tempat bersejarah ini, pernah menjadi tempat persembunyian Nabi Muhammad SAW dan Abu Bakar yang menemaninya.

Ketika itu, keduanya sedang diburu oleh para kafir Quraisy, saat akan hijrah ke Madinah. Dan persembunyian itu, sempat berjalan selama tiga hari.

4. Pasar Zakfariah

Pasar Zakfariah adalah salah satu destinasi wisata, yang sering didatangi oleh umat muslim selepas menunaikan umroh. Lokasinya tidak jauh dari Masjidil Haram, atau hanya sekitar satu kilometer saja.

Para jamaah bisa membeli oleh – oleh seperti sajadah, tasbih, perhiasan, kurma, jam tangan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

5. Gua Hira

Gua Hira adalah tempat yang disucikan, karena pernah menjadi saksi saat Nabi Muhammad SAW menerima wahyu pertama dari Allah SWT. Namun untuk mencapai destinasi wisata religi umat muslim ini tidaklah mudah.

Karena lokasinya berada di atas tebing, maka diperlukan ketahanan fisik yang prima untuk tiba disana. Selain itu perlu hati – hati, karena rutenya diwarnai oleh tebing – tebing curam dan menanjak.

6. Jannatul Baqi

Destinasi wisata religi berikutnya adalah Jannatul Baqi. Tempat ini adalah suatu pemakaman, tempat bersemayamnya para kerabat, keluarga serta sahabat dari Nabi Muhammad SAW.

Tempat ini juga pernah menjadi pemakaman bagi para jamaah yang wafat saat melakukan umroh dan haji. Namun, karena lahan yang semakin terbatas, kebijakan tersebut pun tidak tidak dilakukan lagi.

7. Masjid Jawatha

Meski penampilannya tidak semegah Masjidil Haram, namun Masjid Jawatha tetap memiliki cerita sejarahnya sendiri. Karena termasuk sebagai masjid tertua yang ada di Arab Saudi, struktur asli dari bangunannya sebagian telah menghilang termakan zaman.

Namun, hingga saat ini Masjid Jawatha masih berfungsi sebagai tempat ibadah masyarakat sekitar maupun pendatang.

8. Masjid Quba

Wisata religi umat muslim berikutnya adalah Masjid Quba, yang dibangun oleh Nabi Muhammad SAW pada 622 Masehi. Masjid ini memiliki tiga pintu utama, yang dapat digunakan untuk jalan masuk dan keluar.

Di bagian tengah masjid terdapat sahn, yaitu sumur yang sebenarnya adalah sumber mata air untuk tempat berwudhu. Selepas melakukan wisata, jamaah bisa menjumpai banyak pedagang kurma, yang menjajakan dagangannya di bagian luar masjid.


Demikianlah, 8 wisata religi umat muslim, yang dapat dilakukan selepas melakukan ibadah haji maupun umroh. Semoga bermanfaat, selamat berlibur dan beribadah!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *