Media Center Indonesia
Indeks
Berita  

7 Ide Bisnis yang Tahan Resesi, Untung Besar!

Ide Bisnis yang Tahan Resesi
Ide Bisnis yang Tahan Resesi

Resesi yang kabarnya akan terjadi pada tahun 2023 atau tahun depan tampaknya menghantui sederet masyarakat di Indonesia. Bagaimana tidak, resesi ini akan berpengaruh terhadap ekonomi di tanah air. Untuk mempersiapkan hal tersebut ada baiknya Anda mulai memikirkan ide bisnis yang tahan resesi.

Agar bisa membuka usaha yang tetap bertahan saat ada resesi, Anda tidak harus mengeluarkan uang banyak. Sebab masih banyak bisnis modal kecil dan tidak akan terpengaruh pada kondisi resesi ekonomi nantinya. Karena itulah Anda bisa coba untuk menjajaki bisnis tersebut sebagai persiapan resesi 2023.

Pilihan Ide Bisnis yang Tahan Resesi Dengan Modal Kecil

Beberapa ide bisnis berikut diklaim tahan resesi karena selalu orang butuhkan dan tidak memerlukan modal besar. Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah ide usaha yang tahan resesi untuk Anda coba.

1. Usaha Kebutuhan Pokok

Untuk ide bisnis yang tahan resesi pertama Anda bisa mencoba usaha kebutuhan pokok. Bahkan bisnis tersebut menjadi salah satu usaha yang menguntungkan di masa resesi. Pasanya pasokan bahan makanan pokok tetap masyarakat butuhkan di kondisi ekonomi apa pun. Meskipun harga kebutuhan pokok akan naik, masyarakat akan tetap membeli produk tersebut untuk bertahan hidup.

2. Budidaya dan Pertanian

Peluang usaha yang tahan terhadap kondisi resesi ekonomi berikutnya yaitu bidang budidaya dan pertanian. Ada sejumlah fokus usaha yang bisa Anda geluti mulai dari ternak ayam dan ikan. Anda juga bisa menjajal budidaya sayuran hidroponik untuk menghasilkan uang lantaran orang akan mengkonsumsinya sebagai bahan makanan.

3. Usaha Makanan dan Minuman

Bisnis makanan dan minuman juga termasuk salah satu usaha yang tahan dalam kondisi resesi ekonomi. Hal tersebut karena dalam kondisi apa saja masyarakat tetap memerlukan makanan serta minuman. Terbukti usaha di bidang tersebut dapat bertahan saat menghadapi pandemi Covid-19 yang sudah terjadi beberapa waktu lalu.

4. Jasa Perbaikan

Selama resesi, kemungkinan banyak orang memerlukan layanan perbaikan. Sebab mereka biasanya tidak memiliki uang untuk membeli barang baru. Karena itulah Anda bisa belajar memperbaiki barang apa saja sebagai ide bisnis yang tahan resesi di masa mendatang.

5. Layanan Bimbingan Belajar

Akan ada banyak orang yang kembali ke perguruan tinggi saat lapangan pekerjaan tengah ketat. Saat bermacam jenis pekerjaan lain tersedia seperti pekerjaan di bidang industri hijau, jasa bimbingan belajar akan semakin mereka minati. Kalau Anda adalah seorang tutor maka bisa menjalankan bisnis secara online maupun offline yang membuatnya begitu fleksibel.

6. Freelance Online

Ketika masa resesi, hampir sebagian besar perusahaan akan memilih jalan untuk mengecilkan anggaran serta menekan pengeluaran melalui PHK. Walaupun begitu Anda tak perlu khawatir sebab ada banyak pekerjaan freelance online untuk tetap mendapat penghasilan. Bukan itu saja, freelance online juga membuka kesempatan untuk Anda agar terus mengembangkan keterampilan serta memperluas relasi.

7. Usaha Kebutuhan Bayi

Rekomendasi ide usaha terakhir yang cocok Anda geluti ketika resesi adalah menjual kebutuhan bayi seperti popok atau susu. Pasalnya sama seperti makanan, kebutuhan bayi akan terus masyarakat upayakan agar anak mereka bisa hidup dan tumbuh dengan layak. Oleh sebab itulah walaupun harganya terus naik, para orang tua akan tetap membeli kebutuhan untuk anak mereka.

Demikian informasi tentang ide bisnis yang tahan resesi dan bisa mulai Anda geluti sekarang juga. Tentu saja kita berharap agar resesi ekonomi 2023 tidak akan terlalu berpengaruh terhadap masyarakat Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *